Selasa, 28 April 2020

Tips Yang Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Bekas

Memang kadang banyak rumor yang tersebar jika mobil bekas itu cepat rusak. Serta ada konsumen yang apes, baru membeli tetapi harus keluarkan ongkos sampai juta-an rupiah untuk perawatan atau tukar mesin. Tetapi, jangan dahulu melihat sebelah mata pada mobil bekas. Cermat sebelum beli ialah kuncinya. Bila Anda beli dengan cermat, Anda akan memperoleh mobil bekas bermutu, Anda juga bisa kredit mobil bekas di BCA Syariah.


Untuk menolong Anda pilih mobil semacam itu, berikut 6 panduan yang penting Anda kenali. 

1. Gali Info Baik Online Atau Off line

Hal pertama yang perlu Anda kerjakan ialah cari info mengenai mobil bekas, baik dengan cara online atau off line. Banyak situs jual mobil bekas yang sediakan info beberapa merek, harga, tahun serta detailnya. 

Membaca majalah otomotif serta berunding dengan mekanik atau rekan yang memahami mengenai mobil dapat juga jadi sisi dari analisa. Cari info harga, tahun, serta detail mobil yang Anda kehendaki. 

Tulis serta dalami info itu hingga mempermudah Anda waktu lihat mobil dengan cara langsung. Pengetahuan ini bisa menolong Anda memutuskan yang pas untuk pilih mobil second bermutu. 

2. Membeli dari Orang Pertama 

Orang pertama ialah pemilik mobil itu. Dibanding beli mobil bekas dari dealer, showroom atau makelar, seharusnya Anda cari mobil yang dipasarkan oleh pemiliknya. 

Beli dari showroom memang sediakan beberapa pilihan, tetapi Anda tidak bisa menggali info mengenai background mobil langsung dari pemiliknya. 

Disamping itu, beli langsung dari pemiliknya membuat harga bertambah lebih murah. Dalam soal ini, konsumen serta penjual bertransaksi dengan cara langsung tanpa pembagian pada pihak ke-3 seperti makelar atau showroom. 

3. Mencari Tahu Latar Belakang Mobil 

Background mobil ialah hal yang penting Anda lihat sebelum putuskan beli satu mobil bekas. Bila Anda berjumpa dengan pemilik mobil dengan cara langsung, ini akan mempermudah Anda untuk cari tahu background mobil. 

Waktu berjumpa pemilik mobil, coba kemukakan pertanyaan-pertanyaan berikut : 
  • Kapan Anda beli mobil ini? 
  • Berapa seringkali Anda mengemudikan mobil ini? Ke mana saja? 
  • Ke mana rute paling jauh yang sempat dilakukan? 
  • Kecuali Anda, siapa yang seringkali memakai mobil ini? 
  • Apa mobil ini pernah merasakan kecelakaan? 
  • Berapakah kali dalam satu tahun Anda lakukan service? 
  • Apa spare part khusus sempat ditukar? Kapan serta kenapa? 
  • Kenapa Anda jual mobil ini? 
  • Bila ada pertanyaan yang menurut Anda perlu diserahkan untuk pemilik mobil, silakan ditambah lagi. Sesudah memperoleh jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Anda, awalilah lakukan penelusuran mobil. 

 4. Cek Body Mobil 

Awalnya, minta izin pada pemilik mobil untuk mengecek kendaraannya. Dengan lakukan cek fisik, Anda akan selekasnya tahu kejujuran si pemilik mobil. 

Lihat situasi cat mobil, apa masih mulus atau ada beberapa titik karat, guratan, penyok, atau bekas tambalan. Lihat tiap detil body mobil itu, dari depan sampai belakang, dari atas sampai bawah, dari kanan ke kiri. 

Lihat juga plafon ( sisi atas mobil ). Plafon yang masih tetap bagus ialah yang masih tetap tebal sebab akan membuat perlindungan temperatur udara di mobil khususnya pada siang hari. 

Disamping itu, lihat ke-4 ban, apa masih bagus atau telah mulai aus. Bila ada yang tipis, pasti Anda harus keluarkan uang lagi untuk mengubahnya. 

5. Check Mesin Mobil 

Sesudah Anda senang melihat-lihat sisi luar mobil, waktunya Anda mengecek mesin mobil. Pasti langkah ini sebagai sisi paling sulit jika Anda belum memahami mengenai otomotif serta property penting yang semestinya berada di dalam mobil. 

Bila Anda berasa sangsi, minta seorang mekanik atau rekan yang pahami untuk menolong Anda mengecek mesin mobil. 

Periksalah sisi dalam kap mesin seperti selang-selang serta tekankan semua bebas dari kebocoran serta korosi. Membuka tutup oli mesin serta check adakah bekas buih yang mengisyaratkan kebocoran. 

Kemudian, angkat tongkat pengukur oli transmisi serta tekankan warna oli merah atau merah jambu dan oli pada kondisi penuh. 

6. Check Sisi Dalam Mobil 

Sesudah mengecek body serta mesin, masuk ke mobil. Check jok serta sarungnya. Nyalakan mesin mobil serta nyalakan AC untuk tahu apa masih berperan secara baik. 

Selanjutnya check odometer untuk lihat jarak menempuh. Situasi mobil yang baik ialah mempunyai jarak menempuh yang normal, tidak banyak atau begitu sedikit. Pada situasi normal, seorang pengemudi rerata akan tempuh jarak 16.000 sampai 24.000 Km dalam satu tahun. 

Hal-hal lain yang perlu Anda kerjakan ialah pastikan semua lampu berperan seperti harusnya, termasuk juga peralatan lain seperti radio, CD, TV, sensor serta camera parkir ( bila ada ).


0 komentar:

Posting Komentar