Kamis, 09 Januari 2020

Gigi Kamu Ngilu? Mungkin Itu Tanda-Tanda Gigi Sensitif

Tahukah anda gigi ngilu dan nyeri saat mengonsumsi makanan yang mengandung banyak asam atau gula dapat menandakan gigi anda sensitif? Kondisi ini tidak boleh dibiarkan secara terus menerus tanpa adanya tindak pengobatan akan membahayakan gigi kamu. Kondisi ini umum terjadi pada tubuh manusia tapi bukan berarti kamu menyepelekannyadan menganggap tidak akan terjadi hal yang berbahaya pada gigi. Lalu bagaimana cara mengatasi gigi sensitif? Sebelum itu baiknya kamu mengenali tanda–tanda gigi sensitif untuk memudahkan diagnosa penyebab gigi ngilu.



Gigi sensitif ditandai dengan rasa ngilu atau nyeri saat mengonsumsi makanan atau minumam yang terlalu panas atau dingin atau yang terlalu asam dan manis. Rasa ngilu bisa hanya sementara seperti terasa hanya saat mengonsumsni makanan tersebut atau dapat berlangsung selama berhari – hari dan mengganggu aktivitas kamu.

Ada beberapa tanda yang dapat kamu amati untuk mengetahui gigi kamu sensitif apa tidak dan mengetahui cara mengatasinya sebelum menjadi lebih parah. Di lansir dari alodokter.com ada beberapa cara untuk mengetahui gigi sensitif yaitu kamu akan merasakan rasa ngilu dan tidak nyaman saat menggosok gigi, menggunakan obat kumur, saat membersihkan sela-sela gigi dengan benang, rasa ngilu yang tertahankan saat mengonsumsi makanan teralu panas atau dingin, asam dan manis, saat gigi anda terpapar udara dingin akan terasa ngilu.

Jika tanda-tanda itu muncul dan tidak hilang dalam jangka beberapa hari sebaiknya kamu segera mencari tahu cara mengatasi gigi sensitif. Ada banyak cara yang dapat dilakukan. Seperti pergi kedokter untuk mengurangi rasa ngilu. Dokter akan menambal bagian yang ngilu jika terjadi pengikisan email gigi, dan akan menyaranakan anda untuk mengurangi konsumsi makanan yang terlalu panas, dingin, asam dan manis.

 Selain itu kamu juga bisa mengurangi gigi sensitif menurut hellosehat.com dengan cara sikat gigi dengan benar. jangan sikat gigi terlalu keras atau lembut. Menyikat gigi terlalu keras akan mengikis email gigi kamu dan menyebakan gigi snsitif. Jika terlalu lembut gigi tidak akan bersih dan menimbulkan plak yang nantinya bisa menyebabkan gigi sensitif. Memperhatikan bentuk sikat gigi. Pilihlah sikat gigi yang pas dengan rahang kamu dan menjangkau seluruh gigi serta pilih yang bulu sikatnya lembut. Menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif. Kandungan potasium nitrat yang terdapat dalam pasta gigi akan membantu meredakan rasa ngilu pada gigi dan jika digunakan secara teratur akan mengurangi gigi sensitif. Rutin memeriksakan gigi secara berkala setiap 6 bulan sekali. Walaupun tidak ada masalah pada gigi anda sebaiknya tetap diperiksakan untuk tindak pencegahan terjadinya penyakit gigi yang lain.

Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan agar gigi tidak menjadi sensitif seperti menjaga kesehatan gigi dan mulut. Rutin membersihkan gig tidak hanya berdampak pada gigi saja namun juga pada gusi, lidah dan nafas. Biasakan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Hindari makan makanan yang dapa merusak gigi dan meninggalkan plak. Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride. Jika kamu mempunyai kebiasaan menggertakan gigi sebaiknya segera dihentikan. 

Kebiasaan ini hanya akan membahayakan gigi kamu. Tekanan yang diterima gigi akan perlahan-lahan akan membuat gigi menjadi sensitif. Lalu bagaimana jika kebiasan ini tidak kiunjung hilang? Segeralah temui dokter dan konsultasikan permasalahnmu. Memeprhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Usahakan konsumsi makananyang banyak mengandung kalsium dan vitamin D contohnya seperti keju, susu, buah, sayur dan olah raga secara teratur. Tindakan pencegahan lebih baik dari pada mengobati. 

0 komentar:

Posting Komentar