Rabu, 07 Agustus 2019

Lestarikan Budaya, Lomba Perahu Sandeq Digelar di Polewali

Untuk melestarikan kebudayaan Suku Mandar, Kemenpar mengadakan Lomba Perahu Sandeq 2019. Lomba ini akan berjalan di Pantai Bahari, Polewali Mandar.



Lomba ini akan dibarengi 20 perahu sandeq, dari 21 perahu yang tercatat jadi peserta festival Sandeq Race. 1 perahu tidak berhasil ikuti lomba segitiga sebab permasalahan tehnis. Lomba diadakan tiap tahun serta diterima ansusias beberapa ribu masyarakat yang berdiri di selama pesisir pantai.

Waktu lomba baru diawali, beberapa passandeq (pelaut sandeq) sudah sempat kelihatan kesusahan menggerakkan perahu, karena monitor tidak mendapatkan tiupan angin. Passandeq sangat terpaksa mendayung memakai kaki, karena dalam lomba Segitiga ini, peserta tidak diperbolehkan menggerakkan perahu memakai alat membantu tidak hanya memercayakan tiupan angin.

Dalam lomba ini, perahu sandeq bernama Sinar Mandar yang sebagai wakil pemerintah Kabupaten Mamuju, jadi yang paling cepat, diikuti perahu sandeq bernama Merpati Putih yang sebagai wakil Sekprov Sulawesi Barat, serta paling cepat ke-3 perahu sandeq bernama Mandala Polman yang sebagai wakil Kementrian Pariwisata.

Beberapa passandeq mengharap moment sandeq race ini terus diadakan jadi satu diantara syombol kebanggaan nelayan di wilayah ini.

"Saya seringkali ikuti moment ini, saya merasakan suka serta bahagia sebab bisa ikut berperan serta dalam usaha melestarikan kehadiran perahu sandeq," tutur Kale pemilik perahu Sandeq Sinar Mandar.

Pada tempat terpisah, Team Pemercepatan Peningkatan Bahari Kementrian Pariwisiata akui, moment sandeq race menyengaja dikerjakan untuk melestarikan budaya bahari nenek moyang suku Mandar.

"Perahu sandeq akan punah bila masyarakat tidak menggunakannya, maksudnya ada dua mempromokan wisata wilayah, dan jaga loyalitas pemda untuk melestarikan perahu sandeq yang telah populer di penjuru dunia," papar Ranta Suranti pada wartawan.

Gagasannya, moment marathon lomba perahu sandeq akan diawali pada Kamis esok, mengawali start dari Pantai Bahari, Kabupaten Polewali Mandar, serta direncanakan Finis di Kabupaten Mamuju, Jumat, 16 Agustus akan datang. Lomba perahu sandeq ini akan lewat beberapa etape yang berisi beberapa serangkaian pekerjaan.

0 komentar:

Posting Komentar